Tanda-tanda diterimanya Taubat Seseorang


Islam.Id - Taubat adalah berpaling dari seluruh yang Allah benci baik yang tersembunyi dan yang tampak, kepada semua yang Allah cintai secara tersembunyi dan yang tampak. Itulah derajat yang paling tinggi serta senantiasa menjauhi (perbuatan) dosa karma takut kepada Allah swt.
Inti dari taubat adalah kembali kepada Allah swt. lalu apa tanda-tanda taubat seseorang/kita  diterima? 


  • Menjadi lebih baik dari keadaan sebelum bertaubat
  • Terus-menerus merasa takut kembali kepada dosa yang sama, karena tidak seorang pun sepatutnya merasa aman sedangkan dia tidak tahu apa yang telah Allah tetapkan baginya. ketakutan seharusnya menemani anda sampai pada saat malaikat berkata kepada anda, sebagaimana firman Allah swt : 

Artinya : "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih  dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu." (Q.S. Fushshilat : 30) 
hanya pada saat itulah ketakutan dan kekhawatiran menghilang. 

  • Merasakan bahwa apa yang telah dilakukannya adalah perkara yang besar, meskipun setelah dia bertaubat. Ibnu Mas'ud berkata: "Seorang Mu'min menganggap dosa-dosanya seolah-olah dia duduk dibawa sebuah gunung yang dia takut gunung tersebut akan jatuh menimpanya, sedangkan seorang pelaku dosa menganggap dosa-dosanya seperti seekor lalat yang hinggap di hidungnya dan dia menapiskannya."
  • Merasa rendah dan hina di dalam hatinya di sisi Allah. tidak ada yang paling Allah sukai dari hamba-hamba-Nya daripada melihat hamba-Nya merendahkan diri hadapan-Nya, menyesali dan bertaubat, dan terus-menerus berdzikir kepada Allah swt. 
  • Mewaspadai perbuatan anggota tubuh. Anda harus menjaga lisan dari berdusta, ghibah, namimah, anda harus menyibukkan diri anda dengan berdzikir kepada Allah swt dan membaca Al-Qur'an. Anda harus menjaga perut dari memakan makanan yang diperoleh secara haram. Anda harus menjaga pandangan anda dan tidak melihat pada hal-hal yang diharamkan. Anda harus menjaga telinga dari mendengarkan musik, kebohongan dan ghibah. Anda harus menahan tangan dan kakimu dan tidak menggunakannya untuk sesuatu yang dilarang. Anda harus menjaga hati dan tidak menyimpan kedengkian dan kebencian kepada orang lain.

Related : Tanda-tanda diterimanya Taubat Seseorang

0 Komentar untuk "Tanda-tanda diterimanya Taubat Seseorang"