Pengertian shalat Fardhu (Wajib)


Islam.id - Shalat Fardhu adalah shalat yang diwajibkan oleh Allah swt untuk seluruh umat muslim dan hukum shalat fardhu adalah fardhu'ain yaitu sangat dianjurkan. shalat fardhu meliputi shalat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib', dan Isya' yang biasa kita kenal dengan sebutan sholat lima waktu. lalu apakah ada shalat fardhu yang lain? ada yaitu shalat jum'at yang dilaksanakan seminggu sekali pada hari jumat namun wajib untuk muslim laki-laki sedangkan untuk muslim perempuan hukumnya sunnah (boleh dikerjakan boleh tidak) dan dianjurkan setelah shalat jum'at perempuan dianjurkan melaksanakan shalat dzuhur. 
adapun boleh meninggalkan shalat jum'at karena dalam keadaan sakit dan tidak dalam perjalanan yang diwajibkan menunaikan shalat jum'at. waktu shalat jumat sama dengan waktu shalat dzuhur.

Dalam sebuah Hadist diriwayatkan ada seorang sahabat bertanya pada Rasulullah "Wahai Rasulullah saw do'a apa yang paling didengar?" Rasulullah saw menjawab " Do'a pada tengah malam yang terakhir dan do'a sesudah shalat wajib." (H.R. Tirmidzi) 

Berdasarkan hadist diatas dapat disimpulkan bahwa seseorang yang melaksanakan shalat wajib maka dia mendapatkan waktu yang mustajab untuk berdoa kepada Allah swt. dan dalam sebuah hadist Qudsi Allah swt Berfirman :"Tidaklah hamba-ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih kusukai daripada apa yang kuwajibkan atasnya." (H.R. Bukhari dan Lainnya)

Berdasarkan hadist di atas bisa kita ambil hikmah bahwasannya shalat fardhu (wajib) itu lebih utama daripada shalat sunnah. shalat sunnah itu iabarat sebagai bonus tambahan dari Allah swt setelah kita mampu melaksanakan shalat lima waktu jika kita hendak melaksanakan shalat sunnah hendaknya kita memenuhi shalat yang utama yaitu shalat fardhu.

seseorang yang shalat dengan sungguh-sungguh dalam shalatnya, sebenarnya ia dalam posisi yang terdekat dengan Allah swt. sebab dalam hadist Rasulullah saw bersabda :"Keadaan terdekat seorang hamba keapda tuhanya adalah ketika sedang sujud maka perbanyaklah do'a" (H.R. Muslim)




Related : Pengertian shalat Fardhu (Wajib)

0 Komentar untuk "Pengertian shalat Fardhu (Wajib)"